PERKUMPULAN PELATIHAN OLAH TENAGA DALAM

SATYA BUANA

" Mewujudkan Kondisi Sehat Jasmani Dan Rohani Secara Mandiri "

Breadcrumbs

Home NEWS AND FEATURES Evaluasi Dan Penyelarasan Satya Buana Duriangkang Batam 11 Maret 2016
Evaluasi Dan Penyelarasan Satya Buana Duriangkang Batam 11 Maret 2016 PDF Print E-mail
Monday, 21 March 2016 05:03

POTD Satya Buana Pusat Pasca Munas V Pasuruan dengan ketua umum Bpk Drs H RP Sutjahjo(Pak yoyok) yang terpilih sebagai ketua umum POTD Satya Buana Pusat untuk membina seluruh peserta kepelatihan di seluruh Indonesia ,Jadwal semakin padat dan aktif untuk kegiatan di seluruh cabang cabang, meskipun banyak gelombang fitnah yang menerpa untuk merusak POTD SATYA BUANA, namun POTD SATYA BUANA tetap berjalan. karena seluruh cabang - cabang yang hadir di MUNAS V telah menentukan pilihannya bersama bahtera POTD SATYA BUANA PUSAT. seluruh cabang cabang yang hadir adalah cabang - cabang yang AKTIF berlatih baik PENGURUS maupun ANGGOTANYA dan bukanlah cabang yang abal-abal alias tidak ada kegiatan alias vakum apalagi disebut sebagai MANTAN ANGGOTA Satya Buana. Kami tetap konsisten membangun Satya Buana sesuai dengan Misi Dan Visi yang telah diajarkan alamarhum Bpk Edy Suwono Pembawa amanah keilmuan Satya Buana. Sekarang giliran jadwal satya buana batam duriangkang yang menggelar agenda rutin evaluasi dan penyelarasan.

Malam Jumat tanggal 11 Maret 2016, ada latihan senam rutin Satya Buana di SMPN 40 Duriangkang Batam, ada sebuah keputusan yang sifatnya mendadak dan darurat karena ada berita yang sangat bagus yaitu kaos seragam senam Satya Buana yang dipesan sudah jadi.

Beberapa anggota baru mengusulkan latihan senam Minggu pagi kalau bisa, sekali-kali diadakan diluar sasana SMPN 40 Duriangkang Batam, agar lebih fresh tidak membosankan. Ada dua tempat favorit yang dijadikan alternatif yaitu Pantai Tanjung Datok di kecamatan Sekupang dan Lapamgan Engku Putri di Batam Center.      Setelah dilakukan voting, banyak yang memilih ke pantai Tanjung Datok dengan alasan selain tempat bermain yang lapang dan pemandangan yang elok menawan  serta backgroundnya langsung berhadapan dengan negara tetangga yaitu Singapura.

           


Minggu pagi yang ceria tepatnya tanggal 13 Maret 2016, kami Satya Buana Duriangkang Batam positif melaksanakan latihan senam Minggu pagi di Pantai Tanjung Datok sekaligus menyelenggarakan Penyelarasan Jarak Jauh yang langsung dipandu oleh Ketua Umum Satya Buana yaitu Bapak Drs H RP Sutjahyo. Sesuai kesepakatan, waktu keberangkatan rombongan  jam 07:20 AM on time, kami membagi menjadi tiga rombongan:

  • rombongan pertama dari Batuaji dipimpin oleh Mbak Maya
  • rombongan kedua dari Batam Center dipimpin oleh Miss Dina Winarum
  • rombongan ketiga dari Duriangkang Sei-Beduk dipimpin oleh Cak Nur.

Selama dalam perjalanan terlihat wajah-wajah ceria nan gembira, terlihat jelas suasana keakraban silaturahmi berbaur canda ria antara sesama anggota, Lewat WA Group Duriangkang Batam, komunikasi antar rombonganpun terus terjalin sehingga bisa memberitahukan posisi rombongannya masing-masing dan apabila ada masalah, cepat mengatasiinya.     Alhamdulillah ketiga rombongan sampai di pantai Tanjung Datok dengan lancar & selamat .

Adalah Ida Harrith seorang karyawati di PT OSI dan tinggal di Perumahan Plamo Garden Batam Center merasa kaget begitu melihat ketiga rombongan menyatu dan langsung berteriak :   WOW ....luar biasa!!!! ternyata keluarga Satya Buana Duriangkang Batam sangat banyak anggotanya.

Pakde Suriamat dan Cak Piir melakukan kesepakatan untuk pemilihan tempat dan pengaturan barisan peserta latihan. Sukses.... keduanya sepakat bahwa pemilihan posisi sudah tepat viewnya indah dan langsung berhadapan dengan negara Singapura.

Kesepakatan selanjutnya Pakde Suriamat yang dari awal memegang kordinator pelatih di sasana SMP 40 Batam didapuk untuk memandu peserta senam Al-Mukminun, sedangkan Cak Piir yang sering dipanggil Master of Yaumul Akhir didapuk untuk memandu peserta senam Yaumul Akhir.

Selanjutnya yaitu sesi melakukan Doa Pembuka Latihan yang dipimpin oleh Cak Piir. Semua peserta latihan senam baik dari Al-Mukmunin dan Yaumul Akhir mengikuti dengan hikmat dan hanyut merasakan angin semilir dan mendengarkan deburan ombak yang mendayu-dayu   Di bawah panduan dari Pakde Suriamat & Cak Piir para peserta melakukan Duduk Napas Pemanasan. Untuk Al-Mukminun dilakukan dengan duduk timpuh dengan posisi kedua kaki melingkar ke belakang sehingga jari-jari kaki kiri dan kanan saling berhadapan dan untuk Yaumul Akhir dilakukan dengan berdiri ditambah sedikit gerakan tangan.


Latihan senam gerak juruspun dimulai, dimana peserta senam Al-Mukminun memakai kaos baru berwarna biru, selaras dengan warna laut biru dan juga warna langit yang biru-membiru, sedangkan peserta Yaumul Akhir memakai kaos berwarna putih-putih, kelihatan rapi & asri, selaras dengan warna mega-mega dilangit. Jika keduanya digabungkan jadi satu akan terlihat keharmonisan dan kekompakannya.  Penyelarasan Jarak Jauh merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu para peserta baru karena rasa penasaran ingin tahu, apa dan seperti apa siih sebenarnya penyelarasan itu ???

 

 

Di sinilah kapasitas Cak Piir sebagai Perintis Satya Buana khususnya di kecamatan Sei-Beduk Batam menjelaskan makna dan arti dari penyelarasan dengan bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami oleh para peserta dan juga tidak ketinggalan menjelaskan tentang tata tertib acara penyelarasan yang akan dilaksanakan di acara tersebut.


Satu jam sebelum acara Penyelarasan Jarak Jauh dimulai, Panitia Acara sudah menelpon Ketua Umum Satya Buana untuk memberitahukan bahwa latihan senamnya sedang berlangsung, dan ini sebagai kode untuk Pak Yoyok agar selalu stanby karena acara penyelarasan akan segera dimulai.

Panitia Acara segera kembali menghubungi Pak Yoyok guna menginfokan bahwasanya sudah siap penyelarasan, Suasana mendadak hening sejenak penuh hikmat, semua peserta hanyut menikmati proses penyelarasan yang sangat penting bagi tiap peserta pelatihan olah tenaga dalam Satya Buana .


Mulai dari beberapa peserta Al-Mukminun terproses dimana kepalanya seakan-akan ketarik-tarik kebawah seperti orang bersujud dan kepala terasa berat sekali, disusul peserta lainnya  ada yang terpelanting dan langsung tertidur, Itulah EFEK dari penyelarasan, para peserta pada ter-PROSES mengeluarkan limbah-limbah jasmani& rohani yang tidak diridhloi Allah SWT. Kadar limbah-limbah yang keluar, salah satunya tergantung dari kadar keikhlasan masing-masing peserta dalam bertekad membuang limbah-limbah tersebut.


Mas Aan Junaidi dengan gayanya yang sangat khas sebagai calon motivator dalam bidang digital payman memandu para peserta untuk mengenal lebih dekat dan lebih mesra terhadap alam lingkungannya.

Dalam hal ini alam lingkungan yang paling dekat yaitu laut atau taman bahari yang terlihat jelas didepan mata para peserta.   Pesertapun dipandu selangkah demi selangkah untuk menuju ke taman bahari sampai puncaknya larut hanyut dalam kemesraan berkomunikasi dengan komunitas taman bahari. Aplikasi selanjutnya dipandu oleh Master of Aplication yaitu Pakde Suriamat yang sampai sekarang masih dipercaya untuk menjabat Komandan Regu (Danru) Sekuriti di Perusahaan Pengelola Air Minum seluruh Batam yaitu ATB.     Atas permintaan managernya beliau juga pernah memandu hipno-terapi seluruh karyawan ATB dalam rangka meningkatkan etos kerja karyawan.


untuk kali ini Pakde Suriamat memberikan beberapa tips sederhana kepada para peserta untuk mengetahui manfaat energi yang kita olah selama ini dalam rangka menerapi tubuh kita sendiri & membantu proses kefitrahan diri, Selesai sudah terapan aplikasi dilanjutkan Duduk Pendinginan, Jurus Penutup  dan Doa Penutup bersama-sama dan tak ketinggalan di penghujung acara kita bersalam-salaman antar sesama peserta semuanya.


Kemudian dilanjut dengan acara makan bersama yang di sponsori oleh Ibu Widya Jidan dan orang tua Ibu Ida Harith yang telah sejak dini hari telah menyiapkan semua keperluan untuk konsumsi untuk peserta evaluasi dan penyelarasan kali ini.


MOMEN YANG TERLALU MANIIS .... tuk dilupan !!!!!!!      Suasana riang gembira diselingi canda ria dalam pembagian menu makanan menambah keakraban antara sesama peserta Satya Buana.

Matahari hampir di atas kepala, jam menunjukkan pukul 11:30 AM, acarapun bebas, Tak mau menyia-yiakan waktu lagi, bagi para bapak & ibu-ibu mengajak keluarganya untuk mandi di tepi pantai, dan ada sebagian juga yang memanfaatkan untuk melakukan aplikasi TERAPI AIR LAUT.


Itulah sekilas info selayang pandang dari aktivitas peserta pelatihan olah tenaga dalam (POTD) Satya Buana Duriangkang Batam dalam rangka menyelenggarakan evaluasi dan  Penyelarasan Jarak Jauh yang dipandu oleh ketua umum POTD Satya Buana Pusat yaitu Bpk Drs HRP Sutjahjo yang akrab dipanggil dengan pak yoyok oleh peserta pelatihan oleh tenaga dalam satya buana

Tak lupa juga kami mengucapakan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah sudi membantu suksesnya acara ini.

Last Updated on Thursday, 24 March 2016 14:59