PERKUMPULAN PELATIHAN OLAH TENAGA DALAM

SATYA BUANA

" Mewujudkan Kondisi Sehat Jasmani Dan Rohani Secara Mandiri "

Breadcrumbs

Home KEILMUAN SENAM PERNAPASAN ANAK ANAK(ANNAS)
LATIHAN PERNAPASAN ANAK ANAK (AN NAS) PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Saturday, 18 October 2014 01:31


LATIHAN PERNAPASAN ANAK ANAK (AN NAS)

Banyak orang tua yang selama ini merasa cukup memberi pendidikan kepada anak-anak mereka. Mulai dari rumah kemudian mereka disekolahkan balk sekolah umum, madrasah maupun dititipkan di pesantren dengan harapan agar anak-anak mereka bisa tumbuh dan berkembang menjadi cerdas dan berakhlak mulia.

Apakah hal ini sudah cukup? Tentunya sama sekali belum cukup karena sebaik apapun pendidikan yang orang tua berikan kepada anak mereka tanpa dilandasi dan ditanamkan nilai-nilai Tauhid tentunya samua tak ada gunanya.

Apakah tauhid itu? Tauhid adalah pengesaan diri kepada Allah SWT. Yang berarti pula bahwa tidak ada sesuatu yang patut disembah mereka hanya kepada Dzat yang Maha Kuasa Allah Azzawajalla.

Ketika anak yang berusia antara 7 — 14 tahun dewasa ini anak-anak tengah mempersiapkan diri untuk menjadi manusia yang menuju proses kematangan kepribadian maka pada masa inilah orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap anak baik itu pendidikan formal maupun yang berupa spiritual.

Ada faktor yang sangat penting yang berkaitan dengan pembangunan karakter anak. Antara lain adalah bagaimana pada anak berinteraksi dengan orang tuanya, saudaranya dan alam linglumgannya dan sebagai orang tua harus memperhatikan pula macam kebutuhannya secara fisik seperti makan, minuet, berpakaian dan kebutuhan secara psikis seperti ketenangan jiwa, emosinya semua ini disesuaikan dengan kemampuan dan kematangan anak dalam usia ini.

Sesungguhnya untuk mengenalkan anak-anak pada nilai-nilai tauhid haruslah dimulai dari mat orangtuanya sendiri. Satu potensi yang sering diabaikan oleh manusia adalah rahasia nafas, karena nafas yang diolah sedemikian rupa dan dipadu dengan Dzikir La Ilaha IllaIlah akan membawa manfaat antara lain :

  1. Membentuk — metabolisme tubuh.
  2. Membentuk keteraturan bio elektromagnetik organ tubuh dan otak
  3. kesepakatan seluruh sel-sel tubuh dalam berdzikir kepada Allah sehingga akan membawa qalbu dan pikiran serta seluruh tubuh untuk ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT.

Latihan senam pernapasan anak yaitu latihan untuk anak usia 7 — 14 tahun dalam rangka mengenalkan diri pada nilai-nilai tauhid dan perilaku yang mulia bila anak-anak berkembang maka mereka sudah mampu mempersiapkan dirinya dengan bekal mengenal iman dan berprilaku sesuai dengan kehendak Allah dalam menghadapi tantangan zamannya. Sesuai dengan petunjuk yang diterima Bapak Drs. Edi Suwono, nama latihan senam pemafasan anak ini dinamakan An Nas.

Latihan An-nas atau pernapasan anak-anak ini merupakan Rahmat Allah untuk anak-anak, agar sejak usia dini sudah mengenal pencipta-Nya melalui gerak jurus yang sederhana.

METODOLOGI LATIHAN PERNAPASAN (AN NAS)

  • Hakikat

Menanamkan nilai-nilai tauhid dan akhlak Rasulullah SAW kepada anak-anak sejak usia dint serta melatih dan mencerdaskan otak kanan dan kiri sehingga anak akan tumbuh jiwa kreatifitas yang baik dan berkembang ke arah yang baik pula (positif).

  • Keilmuan

Ilmu pernafasan anak-anak terdiri dart 1 Tingkat dan 5 jurus yang harus ditempuh oleh anak-anak yang bertujuan untuk mempersiapkan dirinya menjadi manusia cerdas, kreatif, trampil secara fisik dan secara batin menjadi manusia yang berakhlak mulia.

Last Updated on Wednesday, 19 October 2016 01:22